Harga Sayuran di Kuala Pembuang Stabil

oleh -
oleh
Lapak pedagang sayuran di Pasar Sayur dan Ikan Kuala Pembuang

Seruyannews.com, Kuala Pembuang – Memasuki minggu pertama  Ramadhan  tahun ini, harga berbagai jenis sayuran di Pasar Kuala Pembuang masih stabil.

Pantauan seruyanews.com di Pasar Sayur dan Ikan Kuala Pembuang, hingga sekarang belum ada kenaikan harga sayuran dan stok  atau persediaan terbilang  masih aman.

Para pedagang sayuran menuturkan,  selain dipasok dari para petani lokal, sebagian  sayuran di datangkan langsung dari pulau Jawa dan Sampit Kotawaringin Timur.

“Untuk saat ini, boleh dikatakan harga masih stabil, jjika pun ada yang mengalami kenaikan, tidak begitu signifikan, “ kata Toriah, salah satu pedagang, Selasa, 28 Maret 2023

Sebelumnya  harga cabai sempat mengalami kenaikan sebesar  Rp 80 ribu perkilogram, namun saat ini  sudah turun menjadi Rp 75 ribu.

Kenaikan yang sempat terjadi, dipicu minimnya stok dari para pemasok, tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama, saat stok mulai tersedia dengan sendirinya harga mengalami penurunan.

“Kami berharap untuk harga sayuran  terus terjaga kestabilannya, lantaran apabila mengalami kenaikan akan sangat berpengaruh terhadap daya beli masyarakat terlebih pada saat ramadhan, “ ungkapnya

Ditambahkan, faktor lain yang kadang dapat mempengaruhi harga sayuran dipasaran, apabila  terjadi  tingginya gelombang laut yang mengakibatkan kapal angkutan barang tidak bisa berangkat.

“Selain itu, faktor cuaca ekstrim kadang sangat berpengaruh pada hasil panen petani, sehingga menghambat pasokan sayuran yang di jual di Pasar Kuala Pembuang, “ tandasnya. (FH)